Powered By Blogger

Selasa, 13 Mei 2008

RAHASIA DAPUR KELUARGA SUNDA

Description:
Rujak Cuka adalah salah satu dessert favorit orang Bogor. Ini merupakan keluarga Asinan Bogor, jadi bumbunya sama. Cuma, bahannya saja yang sangat sederhana. Rujak cuka ini adalah salah satu kegemaran kami kakak beradik. Keasyikan kami akan berlebih-lebih, jika kebetulan kami menemukan serumpun rumput andewi liar di sela-sela bebatuan halaman rumah kami. Penduduk di sekitar kami menamakannya "antanan". Bentuknya bulat-bulat kecil agak keriting pada tepinya. Menjalar dan berbau harum segar. Sangat khas dan menyegarkan. Umi Akub menularkan resep sederhananya padaku.

Ingredients:
Bahan : Kol (kubis) dirajang halus, ketimun, diiris-iris tipis, tauge dibuangi ekor dan topinya,bangkuang dipotong-potong tipis atau sesuka hati, tahu dikukus sebentar, kacang goreng, antanan (kalau ada) dan kerupuk emi (kerupuk yang terbuat dari sejenis mie kuning).

Bumbu : sesendok makan cabai merah giling, sesendok makan cuka, satu ons gula pasir, sesendok makan garam, 400 cc air matang.

Directions:
Cara membuat : Rebus gula, garam dan cuka dengan air hingga matang, sisihkan. Cuci bersih semua sayur, dan potong-potong tipis tahu kukus tadi. Campur semuanya, siram dengan bumbu dan taburi kacang tanah serta kerupuk emi (kalau ada). Alangkah segarnya di siang terik.

4 komentar:

  1. wah ini asinan yg suka dijual di bulan puasa ya bu? yg pake kerupuk kuning itu, kakakku juga hoby bgt makan ini.

    apa kabarnya bu?

    BalasHapus
  2. Ngacai/ Dahdiran? Ya susutan sendiri.

    BalasHapus
  3. Iya, boleh juga dipake buah-buahan, biasanya kedondong, salak, mangga muda, anggur hutan (susah njelasinnya hanya ada di sekitar Bogor dan Cianjur), bangkuang/besusu, dan nenas. Saya baru selesai MRI tadi, lama sekali dan bikin maskin sakit aja. Terima kasih perhatiannya ya jeng.

    BalasHapus

Pita Pink