Powered By Blogger

Selasa, 13 Mei 2008

RAHASIA DAPUR KELUARGA SUNDA

Description:
ES DOGER. Ini jajanan murid sekolah yang sekarang naik pangkat. Dulu, dia hanya nongkrong di pinggir jalan terutama di muka halaman-halaman sekolah. Gerobaknya yang diberi beroda tanpa atap siap menampung sebuah tong alumunium tempat es itu ditaruh. Pada sisi kiri tong es, dijajarkan sirup, susu kental manis, peuyeum dan gelas serta sendok. Saya lupa siapa nama pedagangnya, yang jelas seorang lelaki yang ramah dan tidak pernah menegur anak-anak yang minta peuyeum banyak-banyak. Asyiknya merubungi gerobak biru itu........ Lebih asyik daripada menyantapnya dalam status yang sekarang sebagai hidangan jamuan di ruang-ruang ber AC gedung-gedung pertemuan dan hotel berbintang.

Ingredients:
Bahan : 150 gram peuyeum sampeu (tape singkong) diiris-iris kecil, 150 gram peuyeum ketan hideung/hejo (tape ketan hitam/hijau), seons pacar cina direbus dulu hingga matang, sebuah kelapa muda diambil dagingnya saja, 200 cc susu dicampur sirup merah (pakai susu kental manis dan sirup cocopandan atau jaman dulu malah pakai sirup moccha merek Jico), es serut atau es gepuk.

Directions:
Cara : Tempatkan dalam gelas-gelas dua sendok makan pacar cina, sesendok makan peuyeum sampeu, sesendok makan peuyeum ketan, dan kelapa muda secukupnya. Tunag es serutnya, kemudian kucuri sirup susu di atasnya. Maka, kenangankupun kembali ke jaman dahulu, ketika pohon asam dan kenari masih berbaris rapat menangungi jalanan kotaku.

"Mari kita bertamasya, ke kota Bogor yang indah....." sayup-sayup terngiang kembali sebaris lantunan lagu dari penyanyi yang saya tak ingat lagi namanya disiarkan RRI Regional 2 Bogor dari Jalan Pangrango. Hatiku terbang kembali ke kampung halaman.

24 komentar:

  1. di sini es doger namanya tau gak mbak apaan? AIS BANDUNG!! apaan coba tuh.. mungkin ada hubungannya sama jajanan SUNDA kali ye and BANDUNG konotasinya ke Sunda. udah gitu orang sini meni ngototttt bilang itu bukan makanan dari indo.. woooooooo udah jelas2 namanya ais BANDUNG kok!!

    BalasHapus
  2. mbak, minta resep pepes ikan mas dong..

    BalasHapus
  3. aduh jadi kepengen bikin es doger...
    bikin peyeum-nya dulu dech! makasih banyak bunda resep-nya...

    BalasHapus
  4. Ais Bandung lain mbak Dian. Di Singapura juga ngetop. Memang itu es mereka, karena nggak pake tape, nggak pake pacar cina, dan berupa air. kalo di Bogor, selain ada isinya itu esnya pun serut, jadi nggak cair, harus disendokin. Ais Bandung mungkin terinspirasi sama Es Doger di Bandung.

    BalasHapus
  5. Silahkan, selamat bikin peuyeum. Bawa ragi rupanya?

    BalasHapus
  6. Ada mbak Dhian udah saya posting sebelum ini. Disini juga bukan di bundel. Namanya pais lauk (pepes ikan).

    BalasHapus
  7. asli bayangin aja dah bikin pengennn

    BalasHapus
  8. Sini tak bikinin, aku punya ragi. Besok tak bikin tapenya dulu.

    BalasHapus
  9. oh ok ntar aku liat. tapi pepes bening kan ya mbak.. tq ya buuu!!!

    BalasHapus
  10. kemarin abang es doger yang lewat rumah kita masih pake gerobak biru tuh bu.. hehehe trademark kali yah... tapi udah ga pake mukul klenongan.. sekarang mah pake mijit bel karet yang kaya buat di sepeda...

    BalasHapus
  11. Nah, kan? Saya nggak nipu dan memory saya masih waras? He....he....he.... girang!

    BalasHapus
  12. mbak, terima kasih resepnya nggih...tapi musti belajar mbuat tape dulu nih mbak..

    BalasHapus
  13. Sama-sama diajeng. Semoga berhasil. Kuncinya cuma satu, rginya bagus dipake ngolah di baskom atau tempat yang bersih betul dan kering. Kadang-kadang kalo sial ya dapet ragi yang asem koq. Wish you luck deh!

    BalasHapus
  14. terima kasih tipsnya mbak....doakan sukses yah:)

    BalasHapus
  15. es doger :) enak banget bun! daku sudah pernah coba dari abang yg jualan di pinggir jalan. seger ... pas panas2... ah nikmatnya

    BalasHapus
  16. duhhh kangen es doger..padahal disini mah bahan bahannya cukup lengkap,tapi enakan langsung makan....hahahahahah

    BalasHapus
  17. BTW bisa dikirim nggak ya ke Afsel? Soalnya bunda nggak bisa bikin disini, nggak punya tape sih..........

    BalasHapus
  18. Hayo!! Jangan pemalesan! Tuh di NTUC sama di Geylang Serai banyak tape. Bikin buat mbak Titis........

    BalasHapus
  19. kemarin saya abis makan es doger di tempat saya ngajar... tapi yang dagang tuh latah.... jadi lucu banyak anak murid yang ngerjain dia... ketika lagi nambahin susu manisnya anak-anak langsung bilang.. :terus.. terus... terus... akhirnya si mamang itu terus aja numpahin susu kedalam es doger.... jahat kan yah bunda... hikhik tapi si mamang ga marah cuma ketawa aja...

    BalasHapus
  20. Oh mbak May udah jadi guru? Subhanallah! Asyik amat punya murid-murid kecil (ya, pastinya kelakuan anak kecil tuh). Dimana ngajarnya mbak? jangan-jangan di sekolahnya pak Utang? Hayo, ngaku?!

    BalasHapus
  21. Ga bunda.... saya ga ngajar di pak utang... hehehe
    saya di SMK sindang barang bund.. yeee bunda salah...
    dan bukan kelakukan anak kecil tapi anak2 ABG yang suka ngerjain mamang es dogernya.... tapi kadang saya suka marahin anak2 murid itu tapi dasar ABg kata mereka "seru bu ngerjain mamang ini mah"... yah udah saya diem aja....

    BalasHapus

Pita Pink