Powered By Blogger

Senin, 13 Mei 2013

MENAKAR PIKIRAN MANUSIA DI BALIK "ENTRI"






Awal keberadaan saya di lahan bermain ini adalah karena saya terlebih dulu memiliki sebuah akun Google sebagai alamat surat elektronik saya. Dulu sekali saya manfaatkan untuk membuka sebuah situs di lahan bermain yang kini sudah ditutup karena saya waktu itu merasa perlu membuka dua situs di tempat yang sama. Alasannya, tentu saja karena isi masing-masing situs itu tidak sama sehingga tak mungkin digabungkan. 

Bekal itulah yang akhirnya melahirkan blog ini pasca penutupan kedua situs saya. Dengan nekad saya gabungkan saja kedua-duanya yang masing-masing sudah punya banyak kontak, yakni semacam follower di blogger ini. Sebab saya kini sudah sakit-sakitan dan tak sanggup lagi untuk mengelola dua situs sekaligus. Kesempatan saya menulis serta mengkhayal tak banyak lagi, tersita oleh waktu istirahat yang semakin banyak dibutuhkan tubuh saya.

Semula saya cuma punya beberapa orang follower saja di sini, bahkan hingga kini. Sebab sejak di lahan bermain yang lama pun saya bukan tipe orang yang suka mencari teman. Cuma suka berteman tapi tanpa keterikatan yang mendalam. Soalnya saya merasa isi blog saya tidak begitu menarik, apalagi untuk kalangan orang-orang muda yang memang menguasai dunia maya. 

Di lahan bermain yang lama, siapa-siapa yang bisa masuk memberikan komentarnya sangatlah terbatas, terutama jika isi blog kita dikhususkan untuk para kontak saja. Sungguh berbeda dengan lahan di blogger ini. Dulu di sana setiap kontak yang masuk akan tercatat dengan baik pada setiap postingan. Sedangkan yang bukan kontak pun ada kelihatan. Bahkan istimewanya, jika seseorang yang masuk ke blog di situ tidak memiliki akun di sana, mereka tetap bisa membaca postingan yang ditujukan untuk semua pihak lalu mengomentarinya sekalian jika mereka memutuskan untuk bergabung membuka sebuah akun. 

Di masa itu kami sesama blogger di situ jadi satu kesatuan yang amat mesra. Pertemuan-pertemuan baik terencana mau pun tidak, dalam jumlah banyak atau sedikit sering sekali diadakan. Pertemuan ini diisi dengan silaturahmi bersama keluarga masing-masing pemilik blog sehingga rasa persaudaraan akhirnya terjalin benar sebagaimana kehidupan di dunia nyata. Komunikasi pun tidak lagi hanya sekedar saling menyapa, melainkan berbagi dan memberikan dukungan. Tak harus melalui tulisan terbuka, kami bisa membuatnya menjadi pribadi melalui suatu cara yang disebut sebagai "Personal Message". Tak salah lagi jika akhirnya komunikasi kami jadi sedemikian intens, menggairahkan dan seringkali bersifat kekeluargaan. Tapi sayang, lahan bermain kami yang lama tidak menampilkan riwayat apa kata kunci yang menyebabkan seseorang yang semula belum saling mengenal tiba-tiba bisa sampai di blog kita lalu merasa tertarik untuk menjalin silaturahmi seperti itu. Berbeda sekali dengan di blogger sini.

***

Setelah bergabung selama hampir setahun, saya akhirnya mulai menguasai teknologi yang dipunyai Blogger. Blogspot lahan bermain saya memiliki kemampuan untuk memantau laju pergerakan dan peredaran blog saya. Maksud saya, siapa saja orang yang datang ke blog saya dan dari mana, meski tidak ada namanya, bisa terpantau dengan jelas. Mereka membuat kolom berisi grafik dan entri-entri untuk menjelaskan itu. Dengan demikian, sebagai pemilik situs kita terpancing untuk senantiasa memperbaharui isi situs kita ketika kita sadari bahwa banyak orang dari berbagai belahan bumi tertarik datang setiap hari ke tempat kita. Statistik blog yang kita kelola ini, antara lain beginilah wujudnya :




 Kalau saya tampilkan di sini penuturan saya akan panjang. Jadi, sekarang lebih baik saya sarikan saja apa yang saya maksud. Grafik tadi masih diperinci oleh administrator blogger dengan menampilkan entri-entri mana saja yang dibuka oleh pengunjung blog saya. Diperjelas dengan apa yang mereka ketikkan di mesin pencari sehingga sampai di tempat saya. 

Sampai di situ saya bisa menerima penjelasannya. Namun sayang, ketika saya cermati perihal kata kunci yang mereka ketikkan, alangkah kecewanya saya. Sebab ada kata-kata yang tak ada sangkut pautnya sama sekali dengan isi tulisan saya. Di mana kata-katanya mencerminkan sesuatu hal yang untuk saya sangat tidak baik, tidak menarik dan tidak sopan. Inilah contohnya :

Pada kolom "telusuri kata kunci" saya mendapati kata-kata, "anus perut bapak nafsu". Entah apa maksud seseorang yang memasukkan kata-kata kunci tersebut di mesin google. Entah bagaimana pula bisa tersangkut di blog saya, padahal saya tak pernah membahas soal anus, soal perut, soal bapak, apalagi soal nafsu. Kalau soal perut sih mungkin saja, ada beberapa jurnal saya yang membahas mengenai keluhan rasa sakit di perut. Soal bapak, boleh saja, karena ada kalanya saya bercerita mengenai keluarga saya secara lengkap termasuk tentang masa kecil saya bersama bapak dan ibu saya. Lha, tapi soal anus dan nafsu, bagaimana mungkin ada di sini coba?! :-(

Kalau dipikir-pikir, kelihatannya pencari info sedang kelimpungan ingin menakar nafsu syahwat seorang bapak-bapak, bukan?! Hahahaha....... gila sekali! Nafsu syahwat sampai di"ubek-ubek" di blog. Apa kiranya yang ada di hati dan pikiran pembaca yang begini? Wallahu 'alam.

Selain itu, ada kata-kata kunci lain yang juga mencengangkan saya. Antara lain bunyinya begini, "saya pun mengawasi pelaksanaan". Wah, apa pula ini? Pelaksanaan apa, dan mengapa saya harus mengawasinya? Hihihihihi....... aneh dan tak masuk akal.

Tapi alhamdulillah, entri-entri lainnya sih masih boleh lah, cukup masuk akal dan menyenangkan untuk disimak. Bunyinya antara lain begini, "saya diikuti rasa kaku yang", yang menurut saya merujuk kepada gejala-gejala penyakit seperti yang saya derita. Lalu "yang ternyata adalah doa yang", yang juga menyangkut beberapa jurnal saya yang berwacana agama. Kemudian, "ciri-ciri tumor ganas ovarium stadium" yang juga berkaitan dengan penyakit saya. Selanjutnya, sesuatu yang sudah sangat lama tak saya bahas di jurnal saya yang mana pun yakni, "dalam dekapan ibu mertua" sebab saya memang sudah tak lagi punya mertua sejak beliau dipanggil ke haribaanNya.

Jadi, bagaimana dengan lahan bermain yang ini? Untuk saya sih cukup unik dan menggemaskan. Walau syah-syah saja sih keberadaannya. Toch tidak secara spesifik menyinggung nama seseorang blogger. Yang jelas, di samping kata-kata kunci tadi, ternyata banyak lho yang memasukkan kata kunci "bundel jandra22" atau "bundel jandra blogspot" begitu saja untuk menjangkau saya dan keberadaan "rumah pertapaan" saya ini. Aih, asyik juga deh.........

14 komentar:

  1. iihh ada ada aja yang "anus & nafsu" itu..
    bikin semangat ya mbak kalu lihat statistik kaya gitu?
    daku malah ga gitu perhatiin deh.. ntar di wordpress kaya gitu ga ya statistiknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata di Blogger ini begitu lho. Tadinya saya juga nggak perhatian. Tapi iseng-iseng saya klik statistik blogger di dashboard saya, terus sub entrinya, eh lha kok....... hiiiiiiyyyy....... ngeselin ih!

      Hapus
    2. maren udah utak atik dashboard.. kayanya 11-12 deh wipi dan be-es.. tapi ga ada entry kaya yang mbak bilang itu deh.. adanya statistik grafik gitu.. cuma ga ketahuan sapa yang lihat blog kita, ga kaya empi ya..

      Hapus
    3. Sama kan ya antara BS dengan WP? Ada kok detailnya walau nggak semua kelihatan kayak di Mp. Di dashboard saya ada beberapa yang jelas site rujukannya, antara lain zaffara.wordpress,com sama sitenya nak Diah Sudjiati kalau nggak salah inget. Minimal kita tahu ada berapa banyak yang didatangkan oleh Google, berapa yang oleh WP gitu deh.

      Hapus
  2. Iya, Bund... kalo baca-baca "search engine terms" saya juga suka ketawa-ketawa sendiri.
    Yang paling aneh yang pernah nyangkut di saya adalah "dubur bulik"... hahahahaaaa... sampe nggak habis pikir kapan juga saya ngebahas soal dubur. Apalagi duburnya bulik.... Secara kalo di dunia maya yang berkaitan sama bulik itu ya Mbak Niez alias Rengganiez alias bulik kriwil.... :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha........ sok rada-rada ya?! :-D

      Kok bisa gitu sih, cipie juga nggak ngerti sebabnya ya? Nanti kalau cipie udah pinteran, terus paham, kasih tahu saya ya.

      Hapus
    2. hahaha ebuset dubur bulik.. *colekcolek m.niez deh ah..

      Hapus
    3. Eh ngaco aja nih!!! :-p

      Hapus
  3. kok bisa bunda nemuin kata kunci itu bun? gimana ceritanya :D xixixi
    o iya bunda main kesini ya http://knitknotlove.wordpress.com/2013/05/13/rapid-fire-question/
    xixixi... sekali-kali refreshing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceritanya saya kan suka iseng-iseng lihat dashboard saya. Pas klik sana-sini nemu yang itu. Sebetulnya banyak lagi lho yang aneh-aneh yang menurut saya nggak masuk akal. Ada juga yang kayaknya tahu saya penduduk asli kota ini terus googling dengan keyword "toko roti tertua di bogor delicieus". Lha iya sih, toko roti tertua tetangga rumah saya di kota ini, namanya dulu "Delicieus" salah ejaan gitu hihihihih.........

      Kayaknya site saya mulai banyak yang tahu deh. :-)

      Nanti iseng-isengannya nak Indri saya klik belakangan ya, saya mau shalat dulu. :-D

      *nggak janji*

      Hapus
  4. aku pengen buka blogger tapi takut ntar ga 'kecandak' punya lapak banyak2 di layar biru ini
    jadi tetep setia pada 1 rumah saja di WP, setelah banyak ikutan kontes foto jadi nambah temen, meski kebanyakan pada kasih bintang aja sih, tapi makin lama bintangnya makin banyak dan jadi makin semangat deh.

    lagian punya wp juga masih bisa komen2 di lapak lain, jadi ya asyiiik aja deh :D
    cuman yang aku ga dong kok kalo komen di bs nih PP yang keluar kok aneh ya?
    bukan foto sendiri? *mbak Tinsyam, piye carane?*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kalau komen di WP nggak bisa keluar HS saya, cuma kode gambar gitu. Nggak masalah ah, yang penting kita masih bisa saling menjenguk dan ngasih dukungan moral alias komen-komenan.

      Saya buka BS karena saya sering googling nemu sitenya para blogger BS termasuk site teman sekolah saya yang sudah lama di sini dan ternyata nggak ada "matinya" seperti rumah lama kita dulu. Itu aja kok alasannya, takut ditutup tiba-tiba kalau nggak di BS hehehehe..........

      Hapus
  5. aku yg masukin bundel jandra tuh :D
    salam semangat bu ^____^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Salah satu di antaranya dong. Soalnya saudara-saudara dan teman-teman saya yang pada nggak ngeblog juga tahunya saya pake id gitu di empi dulu hehehe.......

      Semangat untuk hidup sehat kan?! *salaman*

      Hapus

Pita Pink