Powered By Blogger

Minggu, 12 Oktober 2008

KUE MANGKUK GAYA BARU

Description:
Resep ini tertuju kepada adinda Prapti Utami Sutanto di Brussels yang kangen jajan pasar. Tapi siapapun boleh mengaksesnya. Silahkan.

Kue mangkuk ini tidak perlu memakai tape, cukup dengan yeast.

Ingredients:
Bahan : 450 gram tepung beras, 50 gram tepung kanji, sebungkus yeast (=fermipan), 200 gram gula pasir, 150 gram air suam-suam kuku, 400 gram air biasa.

Directions:
Cara membuat : 1. Mula-mula rendam yeast dengan satu sendok teh gula pasir memakai air suam-suam kuku sampai naik dan berbusa kira-kira seperempat jam.

2. Aduk-aduk air yeast, lalu dpakai menguleni 150 gram tepung beras. Kemudian diamkan dulu sampai melar, kira-kira sejam.

3. Tambahkan sisa tepung beras, kanji dan gula pasirnya sambil menuangkan air berdikit-dikit sampai habis semua dan jadi adonan yang cair.

4. Saring dengan ayakan, kemudian diamkan lagi sampai kembali berbusa. Kalau mau wangi bubuhi vanilla atau pakai pasta pandan.

5. Siapkan dandang yang diisi air sampai mendidih pada bagian dasarnya.

6. Taruh mangkuk cetakan kuenya di dndang mendidih tadi, lalu isilah penuh-penuh dengan adonan yang sudah diaduk terlebih dulu supaya tidak ada endapan. Kukuslah (biasanya tutupnya dilapisi serbet supaya uapnya tidak menetes ke kue). Sebelum sepuluh menit jangan dibuka supaya bagus jadinya. Kue terus dimasak selama setengah jam-an, pasti sudah matang.

13 komentar:

  1. Heheee... kalo di Jakarta sih tinggal beli aja di pasar...

    BalasHapus
  2. duh trima kasih banyak bu besok saya coba cari bahan nya dan ntar saya praktekan kalo sukses tar dikirim ya bu hehehe

    BalasHapus
  3. Betul pak guru. Malah dulu saya makan yang beginian di tukang panggulan yang mangkal di depan sekolah saya. Ayo pak guru kirim kesini..........

    BalasHapus
  4. Heu-euh, kirimin fotonya ya? Bahannya banyak di Sunwah. Cetakannya pake mangkuk teh Cina yang kecil-kecil itu atau pinjem di mbak Lies..

    BalasHapus
  5. Tam, aku punya cetakannya. Boleh pinjam kok, tapi..........ada tapinya nih, aku dibagi ya kalo dah mateng. Hehehe.............

    BalasHapus
  6. Kalau yang bisa saya beli di tenongan, ada rasa kecut2 dikit, apa ada campuran tape ya?

    BalasHapus
  7. Betul Nin. Dikasih sebanyak hasil satu resep, baru boleh pinjem..........

    BalasHapus
  8. Betul Nin. Dikasih sebanyak hasil satu resep, baru boleh pinjem..........

    BalasHapus
  9. Sama-sama mbakyu. Terima kasih juga udah mampir, sebetulnya mbakyu kan tinggal beli yang udah mateng juga bisa ya? Ini memenuhi keinginan teman di LN aja nih......

    BalasHapus
  10. Betul yang asli pakai tape. Tapi di LN kita nggak bisa bikin tape lha raginya nggak ada. Jadi ini palsuannya. Sebetulnya ini jadi seperti kue apem yang biasa dibuat untuk menandai Ramadhan itu lho jeng. Tapi lumayanlah rasanya. Saya di Bogor seneng jajan ini waktu sekolah dulu. Suai saya senengnya kue lapis terutama pepe. Lha saya senengnya ini............. oh, memory..............

    BalasHapus
  11. kayaknya ada juga nih di resep saya, bu julie masukin juga fotonya.

    BalasHapus
  12. Sayang tuh paling males motret-motret. Iya ya padahal jadi daya tarik kalo ada fotonya.
    Tapi kayaknya dik Tami nggak peduli deh, yang penting dia dapet resep jajan pasar. Dulu saya tinggal pindah dari Brussels dia masih pengantin baru.

    BalasHapus

Pita Pink